24 November 2013

BlackBerry and its OS

Haii sobat Blogger kembali saya akan ngepost mengenai OS pada Smartphone dan kali ini saya akan membahas tentang BB, atau BlackBerry. Dulu BB sangatlah ngetrend dikalangan anak muda, namun kini kejayaan BB lama-lama kian memudar dan digantikan oleh Android. Dan BBM pun yang menjadi fitur unggulan BlackBerry sudah tersedia untuk platform Android. Oke berikut adalah sejarah singkat tentang BB OS.

Blackberry OS adalah system operasi mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk perangkat smartphone Blackberry. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan di handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang terbaru, trackpad dan touchscreen.

Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan langsung untuk email perusahaan, melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru ini, sebuah subset dari MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem operasi ini juga mendukung WAP 1.2.

Update sistem operasi dapat secara otomatis tersedia dari operator wireless yang mendukung layanan BlackBerry over the air software loading (OTASL).
Pengembang third-party dapat menandai perangkat lunak menggunakan kelas BlackBerry API yang tersedia, meskipun aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus ditandatangani secara digital.
Penelitian dari Juni 2011 menunjukkan bahwa sekitar 45% dari pengembang mobile yang menggunakan platform tersebut pada saat publikasi.

SEJARAH SINGKAT
1. BB OS Versi 1.0
inilah versi bb os yang pertama kali dirilis oleh RIM ( Reseach in Motion ) pada tahun 1998. Pertama kali terinstallpada BlackBerry 580


2. BB OS Versi 3.x
Diluncurkan pada tahun 2002 pada pernagkat Blackberry 5810, mulai mendukung MIDP 1,o dan sinkronisasi microsoft exchage dan lotus domino

3. BB OS Versi 4.x
Tersedia pada pernagkat BB Curve 8300/8310/8320.

4. BB OS Versi 5.0
Dikeluarkan pada tahun 2008 bersama tipe bb yang paling terkenal yaitu BB Bold 9000. OS ini sudah cukup stabil dan nyaman digunakan. Versi ini juga mendukung layar sentuh pada BB storm

5. BB OS Versi 6.0
Merupakan Upgarde pada tahun 2010 – 2011, Os ini mulai di perkaya oleh berbagai fitur yang menarik serta mendukung clock processor dan resolusi layar yang lebih besar.
tersedia pada perangkat BlackBerry Bold 9650/9700/9780, BlackBerry Curve 9300/9330, BlackBerry Pearl 9100, BlackBerry Style 9670, and BlackBerry Torch 9800.

6. BB OS Versi 7
Merupakan OS yang boleh dibilang tercanggih dantara BB OS lainya. Mendukung type n touch serta peningkatan fitur. tersedia pada perangkat: BlackBerry Bold 9790/9900/9930, BlackBerry Curve 9350/9360/9370/9380/9220/9320, and BlackBerry Torch 9810/9850/9860.

7. BB OS Versi 10
Inilah versi yang di gadang gadang mapu menyelamatkan RIM dari kerpurukan setelah harga saham nya menurun drastis di bursa saham dan market share yang terus anjlok di gerogoti oleh iphone dan android.
BB OS 10 adalah gabungan dari OS BB 7 dan OS QNX di BB Playbook. 


FITUR UNGGULAN BLACKBERRY

Push e-mail (surat-e gegas)
Semua e-mail yang masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel dan juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus.

Lampiran file berupa dokumen Microsoft Office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, BlackBerry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.
Dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada risiko hang, asalkan masih ada memori tersisa. BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting, yang dilakukan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas yang disebut dengan BLACKBERRY MESSANGER.
Semua layanan BlackBerry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. Untuk browsing Internet, data-data dari websitesudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka. Pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan BlackBerry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk “mengobrol” (chatting) di Internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Proses instalasi lengkap bisa dilakukan melalui jaringan nirkabel. Teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah dan pemberitahuan jawaban pesan melalui tanda getar pada BlackBerry. Handset BlackBerry apabila aplikasinya membutuhkan koneksi GPRS/EDGE/3G maka koneksi tidak dikenakan biaya GPRS.

BlackBerry menyediakan berbagai perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasi, seperti :
Jaringan Seluler : CDMA2000 1X Ev-DO, Wireless Local Area, GSM/GPRS/EDGE/UMTS, Mike, Mobitex, dan Nextel
Perubahan Tema Tampilan Lebih Fleksibel
Ringtone, Vibrator, dan LED

* BlackBerry Enterprise Server (BES)
Perangkat lunak yang mengorganisir system e-mail yang terintegrasi pada perangkat genggaman blackberry.

* BlackBerry Professional Software (BPS)
Komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah yang menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harga yang lebih murah.

* BlackBerry Internet Service (BIS)
Perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di internet. Dengan BIS, kita juga dapat membuka tambahan data (attachment) dalam bentuk excel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.

* BlackBerry Mobile Data System (BlackBerry MDS)
Sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk BlackBerry Enterprise Solution, menyediakan Anda sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphone dan aplikasi perusahaan.

Oke sekian dulu ya sobat, semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More